Sabtu, 31 Oktober 2015

MENGENALI GEJALA PENYAKIT KATARAK

Katarak merupakan salah satu penyakit mata jika pada lensa mata terdapat bercak putih menyerupai awan.

Pada umumnya gejala penyakit katarak ini tidak menimbulkan iritasi ataupun rasa nyeri hanya saja bisa mengganggu penglihatan Anda, membuat mata silau dan juga mempengaruhi jarak pandang Anda.

Berikut Adalah Gejala Penyakit Katarak :

Gangguan pada pandangan mata Anda
Pandangan menjadi kabur , suram dan seperti ada banyangan di bawah kurnis.
Menjadi lebih peka terhadap cahaya.
Jika memandangi sinar akan terlihat apakah kontak fisik Anda.
Jika membaca memerlukan cahaya yang terang
Jika melihat dengan satu mata pandangan ganda
Warna yang dlihat cenderung memudar dan juga menguning

Katarak adalah salah satu penyakit mata yang pada bagian belakang mata terdapat bercak putih seperti awan yang berkabut. Pada Katarak yang berkaitan dengan penuaan, jaringan dalam lensa mata mulai rusak dan saling menggumpal, menyebabkan lensa kurang lentur dan transparan. Kabut pada lensa ini atau Katarak ini mempengaruhi pandangan seseorang, membuat penglihatan semakin samar. Gangguan penglihatan ini dapat sangat mengganggu aktivitas sehati-hari dan mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Selain ini Katarak terdapat beraneka jenis bentuk masalah penglihatan diantaranya yaitu Katarak Nuklear dan Katarak Kortikal.

Katarak

Katarak Nuklear adalah katarak yang menyerang pusat lensa, membentuk lensa berkabut berwarna kuning pada mata. Hal ini menyebabkan rabun jauh dan bahkan gambar tampak ganda atau lebih dari satu. Pada akhirnya, katarak kuning menjadi berwarna coklat lebih padat, menyebabkan penderita tidak dapat membedakan berbagai bentuk warna. Sedangkan Katarak kortikal menyerang tepi luar lensa, berkembang perlahan-lahan menuju ke bagian tengah.

Hal ini tanpak sebagai coretan berwarna keputihan di tepi luar lensa. Penderita dengan bentuk katarak ini melihat coretan dalam penglihatannya dan terutama rentan terhadap masalah silau. Hal ini menyebabkan masalah seperti lingkaran cahaya ketika melihat sumber cahaya saat malam hari, penurunan penglihatan saat membaca dan penglihatan pada cahaya terang.

Meskipun sebagian besar katarak terkait dengan usia, terdapat faktor-faktor tertentu yang meningkatkan risiko terkena katarak. Risiko ini mencakup mereka yang merokok, mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang terlalu berlebihan, pernah mengalami cedera mata atau bedah mata. Orang dengan tekanan darah tinggi, diabetes atau riwayat katarak dalam keluarga juga memiliki risiko perkembangan katarak yang lebih besar. Penggunaan steroid juga berkontribusi pada risiko perkembangan katarak. Dalam beberapa kasus, katarak juga muncul di saat kelahiran.

Selain itu Gejala Katarak bisa anda ketahui seperti berikut :

    Penglihatan berkabut atau samar.
    Melihat lingkaran cahaya di sekitar cahaya pada malam hari.
    Kepekaan pada kondisi silau.
    Sulit membedakan bentuk warna.
    Melihat gambar ganda atau lebih dari satu.
    Sulit melihat pada malam hari.

Anda tentunya harus mengenal Gejala Katarak agar anda bisa menanggulanginya dengan cepat. Banyak media informasi seperti halnya situs-situs di internet yang akan memberikan informasi tentang apa saja Jenis Katarak. Kali ini SitKes.com pun tidak ingin ketinggalan untuk membantu anda semua dengan menghadirkan informasi tentang Katarak. Dan lebih baik memang langsung saja anda semua simak Penyebab Katarak di bawah ini.

Usia

Usia adalah salah satu penyebab utama munculnya katarak. Protein lensa Anda akan semakin menurun ketika usia Anda bertambah. Selain faktor tersebut, faktor lingkungan juga dapat menyebabkan katarak.

Genetika

Genetika juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya katarak. Sebab kelainan kromosom mampu mempengaruhi kualitas lensa mata Anda.

Diabetes

Diabetes kerap kali dituding menjadi penyakit yang dapat menyebabkan katarak. Sebab enzim aldosa reduktase yang ada di dalam tubuh penderita diabetes mampu memicu timbulnya penyakit katarak.

Infeksi

Jenis infeksi tertentu seperti kusta, toksoplasmosis, dan cysticercosis dapat memicu timbulnya katarak. Oleh karena itu apabila Anda mengalaminya, sebaiknya segera obati penyakit tersebut sebelum infeksi penyakit ini menyebar.

Penggunaan Obat Tertentu

Ada beberapa jenis obat tertentu yang mampu mempengaruhi penglihatan mata Anda. Obat-obatan seperti kortikosteroid terbukti mampu menyebabkan timbulnya katarak.

Diatas mungkin beberapa Penyebab Katarak yang sebaiknya anda semua ketahui. Namun selain Gejala Katarak, anda juga sebaiknya harus mengetahui Jenis Katarak. Dimana pada umumnya Jerawat ini bisa terjadi karena faktor usia, gentika, diabetes, pengarih obat-obatan dan masih banyak lainnya yang menyebabkan Katarak.

http://mengenaligejalamacampenyakit.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar