Selasa, 03 November 2015

MENGENALI GEJALA PENYAKIT LEUKEMIA(KANKER DARAH)


Gejala Penyakit Leukemia/Kanker Darah


Kanker darah atau yang sering disebut juga penyakit Leukemia ini pada umumnya disebabkan karena penyakit bawaan (gen). Penyakit ini juga disebabkan karena kelainan pada sel darah yang ada pada tubuh.


Pada penyakit ini sumsum tulang yang menghasilkan sel darah merah juga menghasilkan sel darah putih yang abnormal, yang kemudian sel darah putih itu disebut dengan leukemia.
Ini mengakibatkan sum-sum tulang tidak dapat melakukan fungsinya untuk membuat sel darah merah dan sel darah putih. Akibatnya tubuh akan mengurangi sel darah merah dan mengalami anemia.


Dan jika tubuh kekurangan sel darah putih maka akan mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh dan kekurangan produksi trombosit dapat mengakibatkan pendarahan yang cukup parah. Sebelum kita bahas gejala penyakit leukemia atau kanker darah kita kenali dulu ada 4 jenis leukemia, antaranya :

Leukemia Limfositik Akut (sering terjadi pada anak-anak)
Leukemia Limfositik Kronis (terjadi pada usia 45-60 tahun)
Leukemia Mielositik Akut, dan
Leukemia Mielositik Kronis
Berikut Adalah Gejala Penyakit Leukemia Atau Kanker Darah
Gejala penyakit leukemia atau kanker darah biasanya diawali dengan adanya Benjolan Dileher dan Ketiak.

Benjolan ini disebabkan pembekakan kelenjar getah bening yang berada didaerah leher dan ketiak, dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit.


Sering Demam. Ini terjadi karena penurunan sistem kekebalan tubuh yang dapat mengakibatkan tubuh mudah terserang virus.
Sering Merasa Lelah dan Lemas. Ini dikarenakan produksi sel darah merah berkurang dan menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah atau anemia.


Nyeri Pada Tulang dan Sendi. Fungsi tulang yang memproduksi sel darah merah dan putih (normal) ini berkurang, mengakibatkan trombosit dan kekebalan dalam tubuhpun berkurang.


Sering Terjadi Pendarahan. Kekurangan trombosit dalam tubuh mengakibatkan sistem kekebalan dalam tubuh berkurang. Dan pendarahan sering terjadi dibagian Hidung dan Gusi. Bahkan tubuhpun akan mudah memar jika membentur benda yang keras.


Gejala penyakit leukemia atau kanker darah pada umumnya akan terjadi penurunan berat badan pada penderita. Nafsu makan yang berkurang mengakibatkan penderita mengalami penurunan berat badan yang drastis.

http://mengenaligejalamacampenyakit.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar